Senin, 28 Maret 2011

Google Blog

Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.
Pada bulan Februari2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini menyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.
Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian diintergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna Blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.
Pada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email.
Pada tanggal 14 Agustus2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya.
Dalam bulan Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google.

Banyak keuntungan yang bisa didapat jika memanfaatkan situs ini dengan benar karena dengan kemudahannya dalam mengakses serta tampilan yang cukup menarik semua orang dapat memanfaatkan blog ini. Diantaranya, kita bisa membuka usaha melalui blog, selain itu, kita juga bisa saling berbagi informasi dan cerita sesuai dengan kata-kata yang mudah dipahami bagi orang lain, selain itu kita juga dapat dengan mudah mengomentari informasi tersebut secara langsung.

Selain berbagai macam keuntungan yang diberikan oleh blog, ada beberapa kerugian yang bisa kita alami pada saat menggunakan fasilitas blog ini, diantaranya adalah kita rentan akan adanya virus-virus yang dapat disebarkan dengan mudah melalui file-file mencurigakan yang dikirimkan oleh seseorang, selain itu ada pula hal-hal lainnya seperti hacker dan spywere.

Cukup mudah dalam proses membuat blog, langkah-langkahnya adalah:
  1. Bukalah web www.blogger.com, setelah masuk dalam situs tersebut, klik get started
  2. Buatlah AKUN GOOGLE dengan cara mengisi data yang tersedia dengan lengkap, tetapi jika kita telah memiliki akun google, mungkin dari Gmail, Google Groups, atau Orkut, anda akan diminta login terlebih dahulu, setelah semua data telah terisi dan dianggap benar, maka klik lanjutkan
  3. Tahap kedua adalah BERI NAMA PADA BLOG. Judul Blog adalah nama yang akan muncul di judul blog anda pada saat anda mengakses blog anda, sedangkan Alamat Blog adalah alamat yang akan dituliskan pada saat pengunjung ingin melihat blog anda, lalu klik lanjutkan
  4. Selanjutnya adalah PILIH TEMPLATE. Template adalah pengaturan desain sesuai dengan keinginan anda, setelah selesai mengedit klik lanjutkan.
  5. Akan muncul tampilan untuk memposting blog yang pertama kalinya. Isilah Judul dengan judul informasi yang akan anda bagikan kepada semua pembaca anda, serta tulislah informasi yang ingin anda bagikan. Setelah itu klik TERBITKAN ENTRI. Lalu klik LIHAT ENTRI untuk melihat hasil blog anda. Cara lainnya adalah dengan mengetikkan alamat blog anda pada kolom address.
Dalam hal ngeblog, kita juga memerlukan etika agar informasi yang kita sebarkan ke orang lain dapat bermanfaat bagi semua orang dan tidak mengalami kesalah pahaman. Diantaranya adalah tulislah informasi sesuai dengan fakta yang ada, hargai sumber tulisan, koreksi tulisan, tidak menghapus tulisan, tidak menghapus komentar, tahu keterbatasan publik dan pribadi, tidak memicu kerusakan, dan menampilkan identitas.

SUMBER: