- Berapa siswa yang nilai matematikanya kurang dari 4,5?
- Berapa siswa yang nilai matematikanya saja kurang dari 4,5 dan nilai bahasa inggrisnya lebih dari 4,5?
- Berapa siswa yang nilai bahasa inggrisnya saja kurang dari 4,5 dan nilai matematikanya lebih dari 4,5?
- Berapa siswa yang nilai matematikanya lebih dari 4,5?
- Berapa siswa yang nilai bahasa inggrisnya lebih dari 4,5?
- Buatlah diagram Vennnya!
Data yang diketahui:
- Banyaknya siswa = 50 n(S)
- Tidak lulus bahasa inggris (TI) = 15 n(TI)
- Tidak lulus bahasa inggris dan matenatika = 8 n(TI∩TM)
- Siswa yang lulus = 20 n(TI U TM)’
Yang ditanya :
- Tidak lulus matematika n(TM)
- Tidak lulus matematika saja (B. Inggris lulus) n(TM) saja
- Tidak lulus B. Inggris saja (Matematika lulus) n(TI)saja
- Yang lulus matematika n(TM)'
- Yang lulus B. Inggris n(TI)'
- Gambar diagram Venn
Jawab:
- n(TI U TM)= n(S) - n(TI UTM)’
= 50 – 8
= 7
Tidak lulus matematika:
n(TI∩TM) = n(TI) + n(TM) - n(TI U TM)
8 = 15 + n(TM) – 30
38 = 15 + n(TM)
n(TM) = 23
- Tidak lulus matematika saja (B. Inggris lulus) :
n(TM) - n(TI∩TM) = 23 – 8
n(TM) saja = 15
- Tidak lulus B. Inggris saja (Matematika lulus) :
n(TI) - n(TI∩TM) = 15 – 8
n(TI) saja = 7
- Yang lulus matematika :
n(TI U TM)’ + n(TI) = 20 + 7
n(TM)' = 27
- Yang lulus B. Inggris :
n(TI U TM)’ + n(TM) = 20 + 15
n(TI)' = 35
- Gambar diagram Venn :
Keterangan: - Tidak lulus bahasa inggris = TI
- Tidak lulus matematika = TM