Minggu, 11 Maret 2012

Cara memperkuat kuku dengan bahan alami


Semua wanita pasti ingin memiliki kuku yang sehat, untuk itu diperlukan perawatan serta memakan makanan yang mengandung vitamin E, seperti mengkonsumsi sayur berdaun hijau tua. Vitamin E dapat bermanfaat menguatkan sekaligus melindungi kuku dari pengaruh luar yang merugikan. Untuk menghindarinya, kita bisa menggunakan sarung tangan karet ketika melakukan aktivitas yang bisa membuat kuku rapuh. Jangan pula untuk mengoleskan krim penguat kuku pada malam hari.

Bahan-bahan alami yang dapat dipakai untuk memperkuat kuku diantaranta:

1. Buah Berry Asam
Cara: Ambil buah berry masam, gosokkan ke kuku dan kulit sekitarnya. Lakukan pada semua kuku dan biarkan selama 15 menit. Bersihkan. Sebaiknya dilakukan dua kali seminggu agar hasilnya efektif.

2. Minyak Zaitun dan Lemon
Cara: Panaskan satu sendok makan minyak zaitun hingga hangat. setelah itu, tetesi perasan lemon secukupnya, aduk merata. Oleskan ramuan ini ke kuku dan jemari tangan sambil dipijat ringan. Setelah itu, bungkus dengan sarung tangan katun. Lakukan menjelang tidur, dua kali seminggu sampai kuku tampak kuat dan indah.

3. Madu, Minyak Zaitun dan Telur

Cara : Masukkan madu dan minyak zaitun, masing-masing dua sendok makan ke dalam panci kecil. Panaskan hingga dua bahan itu tercampur rata. Setelah tercampur, angkat dan dinginkan. Tambahkan satu butir telur yang sudah dikocok terlebih dulu, aduk hingga ketiganya benar-benar tercampur rata. Rendam jemari tangan ke dalam campuran ini selama 10 hingga 15 menit. Angkat dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan seminggu sekali secara rutin.

4. Lemon dan Air Mawar
Cara : Campurkan satu sendok makan perasan lemon dan air mawar sebanyak tiga sendok makan. Aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada kuku atau bisa juga kuku direndam dalam campuran tersebut. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Lakukan seminggu dua kali agar kuku semakin kuat.

5. Jeruk Nipis dan Bawang Putih
Cara : Ambil dua butir bawang putih ukuran sedang, kupas. Gosok-gosokan bawang putih itu pada kuku, biarkan beberapa saat. Setelah itu gosokkan jeruk nipis ke permukaan kuku. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin. Lakukan sesering anda sempat sampai kuku yang semula rapuh menjadi kuat.


Sumber: sweetspearls.com