Minggu, 30 Desember 2012

Contoh Paragraf Kalimat Efektif dan Kalimat Tidak Efektif

Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang tidak memiliki atau mempunyai sifat-sifat yang terdapat pada kalimat efektif.
 
Contoh paragraf:
Saya ini adalah mahasiswa Universitas Gunadarma, kebetulan saya berasal dari Bogor. Jadi untuk pergi kuliah saya harus menggunakan transportasi umum yaitu, kereta. Selain saya, Banyak para mahasiswa Gundarama yang tinggal di Bogor yang menggunakan fasilitas kereta sebagai sarana transportasi.


Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili gagasan pembicara atau penulis serta dapat diterima maksudnya/arti serta tujuannya seperti yang di maksud penulis /pembicara. Kalimat efektif juga merupakan kalimat yang padat, singkat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan informasi secara tepat.

Contoh paragraf:
Saya adalah mahasiswa Universitas Gunadarma. Saya berasal dari Bogor. Untuk pergi kuliah, saya menggunakan transportasi umum yaitu, kereta. Selain saya, banyak mahasiswa Gunadarma yang tinggal di Bogor menggunakan fasilitas kereta sebagai sarana transportasi

Sumber: