Penawaran adalah kuantitas barang dan
jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada
setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi penawaran :
-
Harga bahan baku
-
Tingkat teknologi
-
Jumlah produsen di pasar
-
Harapan atau perkiraan
Hukum
penawaran berbunyi:
Semakin
tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan.
Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang
bersedia ditawarkan.
|
|
Kurva penawaran
Kurva penawaran (supply
curve) menunjukkan jumlah barang yang produsen bersedia menjual dengan harga
yang akan diterimanya di pasar, dengan mempertahankan setiap faktor yang
memengaruhi jumlah penawaran agar tetap. Kurva penawaran merupakan hubungan
antara jumlah penawaran dan harga. Persamaannya sebagai berikut: QS = QS(P)
Kurva penawaran
ditandai dengan S.
Sumber vertical grafik
tersebut menunjukkan harga suatu barang P, diukur dalam rupiah per unit, adalah
harga yang diterima penjual untuk jumlah penawaran yang sudah ada. Sumbu
horizontal menunjukkan jumlah penawaran total Q diukur dalam jumlah unit per
periode.
Pada gambar 2.1 diatas,
dapat dilihat bahwa kemiringannya naik, yang berarti semakin tinggi harga
barang, perusahaan akan semakin mampu bersedia memproduksi barang untuk dijual.
Gambar 2.1 juga menunjukkan peningkatan dari Q1 ke Q2. Bila biaya produksi turun, output akan naik terlepas dari berapa besar harga pasar. Jadi seluruh kurva penawaran bergeser ke kanan yang ditunjukkan dalam gambar sebagai pergeseran dari S ke S’.
Jumlah penawaran dapat
bergantung kepada variabel- variabel lain di samping harga. Sebagai contoh,
jumlah barang yang bersedia dijual produsen tidak hanya tergantung dari harga
yang diterimanya, tetapi juga dari biaya produksi, termasuk upah, beban bunga
dan harga bahan baku.
Secara matematis
persamaan fungsi penawaran dirumuskan sebagai berikut:
Q=-a +bP
Q = Kuantitas(jumlah)
barang yang ditawarkan
a = konstanta
b = koefisien garis
(slope) atau tingkat sensitivitas harga terhadap barang yang ditawarkan
P = harga jual per
unit.
Pergeseran Kurva
Penawaran
Sifat kurva penawaran
dalam pergesaran dan pergerakkan kurva hampir sama dengan yang terjadi pada
kurva permintaan hanya gambar kurva penawaran miring dari kiri bawah ke kanan
atas. Selanjutnya kurva penawaran dikatakan bertambah apabila kurvanya bergerak
ke kanan bawah dan dikatakan berkurang apabila kurvanya bergerak ke kiri atas.
Faktor – faktor yang
mempengaruhi pergeseran kurva penawaran :
1. Kemajuan
teknologi
2. Biaya produksi
3. Persediaan sarana
produksi
4. Bertambahnya jumlah
produsen
5. Peristiwa alam
6. Ekspektasi produsen
7. Harga barang dan
jasa lain
Sumber: