Permintaan adalah keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli
barang dan jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu.
Faktor – faktor yang menyebabkan keadaan (hukum
permintaan tak berlaku) tidak menjadi ceteris paribus dan
mempengaruhi permintaan masyarakat adalah :
- Selera masyarakat
Selera konsumen terhadap barang dan jasa dapat
memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika selera konsumen terhadap barang
tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat
pula. Misalnya, sekarang ini banyak orang yang mencari hand phone yang
dilengkapi fasilitas musik dan game, karena selera konsumen akan barang
tersebut tinggi maka permintaan akan hand phone yang dilengkapi musik dan game akan
meningkat.
- Jumlah pendapatan
Besar kecilnya pendapatan yang diperoleh seseorang
turut menentukan besarnya permintaan akan barang dan jasa. Apabila pendapatan
yang diperoleh tinggi maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi.
Sebaliknya jika pendapatannya turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga
akan turun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun.
- Intensitas kebutuhan
Intensitas kebutuhan konsumen berpengaruh terhadap
jumlah barang yang diminta. Kebutuhan terhadap suatu barang atau jasa yang
tidak mendesak, akan menyebabkan permintaan masyarakat terhadap barang atau
jasa tersebut rendah. Sebaliknya jika kebutuhan terhadap barang atau jasa sangat
mendesak maka permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut menjadi
meningkat, misalnya dengan meningkatnya curah hujan maka intensitas kebutuhan
akan jas hujan semakin meningkat.
- Adanya barang Substitusi
Harga barang dan jasa pengganti (substitusi) ikut
memengaruhi jumlah barang dan jasa yang diminta. Apabila harga dari barang
substitusi lebih murah maka orang akan beralih pada barang substitusi tersebut.
Akan tetapi jika harga barang substitusi naik maka orang akan tetap menggunakan
barang yang semula.
- Banyaknya konsumen akan produk yang bersangkutan
Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang
yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka
barang yang diminta akan meningkat.
Hukum permintaan berbunyi:
Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak
jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat
harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.
|
Kurva Permintaan
Kurva permintaan merupakan bentuk penyajian tabel
permintaan secara grafis.
Pergeseran kurva permintaan
Factor-factor yang mempengaruhi permintaan dan
menyebabkan kurva permintaan bergeser ke kiri atatu ke kanan, yaitu :
- Harga barang komplementer dan substitusi
Harga barang dan jasa pengganti (substitusi) dan
pelengkap (komplementer) ikut memengaruhi jumlah barang dan jasa yang diminta.
Apabila harga dari barang substitusi lebih murah maka orang akan beralih pada
barang substitusi tersebut. Akan tetapi jika harga barang substitusi naik maka orang
akan tetap menggunakan barang yang semula.
- Jumlah pendapatan
Besar kecilnya pendapatan yang diperoleh seseorang
turut menentukan besarnya permintaan akan barang dan jasa. Apabila pendapatan
yang diperoleh tinggi maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi.
Sebaliknya jika pendapatannya turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga
akan turun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun.
- Jumlah dan karakteristik penduduk
Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang
yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka
barang yang diminta akan meningkat.
- Perubahan tradisi, mode, dan selera masyarakat
Selera konsumen terhadap barang dan jasa dapat
memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika selera konsumen terhadap barang
tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat
pula.
- Perkiraan dan harapan masyarakat
Apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan naik
maka konsumen cenderung menambah jumlah barang yang dibeli karena ada
kekhawatiran harga akan semakin mahal. Sebaliknya apabila konsumen
memperkirakan bahwa harga akan turun, maka konsumen cenderung mengurangi jumlah
barang yang dibeli.
- Kondisi social dan ekonomi
Besar kecilnya pendapatan dan hubungan social masyarakat
di lingkungan sekitar turut menentukan besarnya permintaan akan barang dan
jasa.
Sumber: